LAPORAN SIG APLIKASI III PROSES BUFFERING



LAPORAN SIG APLIKASI III

PROSES BUFFERING

       NAM   :AHMAD SAYUTI
  NMP   :110401050027

1. LATAR BELAKANG

   Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) / Geographic Information System (GIS) merupakan suatu teknologi mengenai informasi geografis yang telah sangat berkembang. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan komputer, SIG dewasa ini telah mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga merupakan suatu keharusan dalam perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan atau kebijakan. Kemajuan dan perkembangan SIG ini didorong oleh kemajuan dan perkembangan komputer, serta teknologi penginderaan jauh melalui pesawat udara dan satelit yang telah dimiliki oleh hampir sebagian besar negara maju di dunia. Dan pada penulisan kali ini saya akan membahas mengenai proses buffer pencemaran rumah sakit di kota Jakarta pusat yang memiliki incinerator untuk membakar limbah b3 yang berupa padatan. Pada kondisi tertentu, asap hasil pembakaran dari incinerator akan tersebar hingga radius 1 km.
   Kemudian karna berdasarkan peraturan kemen LH, maka rumah sakit tidak boleh membuang limbahnya disungai, melain kandengan pengolahan lanjutan maka disini saya akan mengedentifikasi rumah sakit mana saja yang berpotensi membuang limbahnya kedalam sungai ciliwung dengan jarak sekitar 200 meter dari sungai dengan menggunakan sistem buffer.

2. TUJUAN
     Mahasiswa mampu diharapkan melakukan proses buffering munggunakan aplikasi ArcView 3.3

3.DASAR TEORI
  Dalam subsistem manipulasi dan analisis data, contoh contoh proses yang dilakukan antara lain berupa buffer. Buffer bisa dilakukan dengan menggunakan Software Arc Info. Tetapi akhir-akhir ini banyak berkembang software yang bisa digunakan dalam SIG, antara lain Software Arc View. Dengan menggunakan software ini, proses buffer bisa dilakukan lebih cepat.
   Fungsi buffer adalah membuat poligon baru berdasarkan jarak yang telah ditentukan pada data garis atau titik maupun poligon.
   Dalam proses buffer, software yang digunakan mempunyai kemampuan untuk mengukur jarak. Oleh karena itu, pada subsistem manipulasi dan analisis data juga dapat dilakukan operasi pengukuran seperti pengukuran jarak.
   Buffer atau pelebaran /penyangga adalah daerah yang meliputi fitur (titik, garis, atau poligaon) dengan jarak tertentu. Operasi Buffer sangat penting untuk menentukan area pengaruh dari fitur tersebut. Buffer akan menggambarkan wilayah melingkar sekitar titik atau koridor sekitar garis dan wilayah lebih luas di sekitar polygon.

4.METODE

   Alat dan Bahan 
  • Seperangkat komputer/laptop 
  • Mouse 
  • Keyboard 
  • Software ArcView 3.3 
  • Peta rumah sakit format shp 
  • Peta sungai ciliwung bentuk shp
·         Langkah langkah 
  • untuk memulai proses buffer peta terlebih dahulu kita membuka aplikasi ArchView seperti biasa kemudian tampilkan peta  yang akan di buffer yang mana disini adalah peta rumah sakit dan sungai ciliwung, kemudian centang peta rumah sakit untuk memulai buffer seperti gambar di bawah ini:
  Download Selengkapnya


Flag Counter